My parenting daily

Anak susah makan

Widih..sepertinya ga ada ortu yg ga lewatin masa ini, yup episode GTM alias Gerakan Tutup Mulut batita/balita. Damar 14mo ga luput dari episode ini. Saya tetap pakai metode BLW (baby led weaning) tp mix dengan spoonfeed /disuapin hihihu..why? Karena saya keranjingan nyuapin Damar...ada kepuasan dan i just think it's not long lasting..jd selagi bisa, saya suapi Damar...dengan kasih :). tp saat sarapan buah potong atau makan finger food, Damar tetap makan sendiri.

Ok back to GTM GTM'an, step2 yg saya lalui:
1. Tetap Tenang
Ini step utama dan paling penting bagi saya, tetap tenang dan senyum saat anak tutup mulut atau memalingkan muka. Bikin emosi terkadang, uda lelah siapin makan, perut sedikit lapar pula..eh si anak mingkem :). Nah ini fungsinya tenang, berikan energi "memberi" saja (istilah om Toge), yup kalau energi kita siapkan untuk memberi, anak mingkem ya sudah siapkan hati.
2. Lihat kondisi / situasi
Tetap tenang dan pahami kondisi/situasi anak, apa dia lagi teething atau tidak nyaman krn sakit, apa barusan nyemil jd belum lapar, atau memang dia belum lapar. Atau bisa juga dia blm terbiasa dg rasa makanan baru yg dia terima, Tetep dibawa asik aja deh..."read ur baby cues".
3. Kalau sudah tenang, sudah bisa memperkirakan kenapa, baru mikir langkah berikutnya. 

Kemungkinan2 nya,ini case Damar berdasar pengalaman minim saya :)
 Teething / gigi mau numbuh
 Di usia 14 bln ini, Damar tumbuh gigi ke 7, mungkin akan nambah, jd dia aga susah atau tdk nyaman makan, tanda2 damar teething ; suka gigit2 (mainan, kaki ibu, dengkul ibu, semua perkakas dapur jg dia gigitin), air liur extra, suka masukin jari ke mulut. Dan biasana krn masukin apapun ke mulut, dia agak diare / pup lembek.
Yang saya lakukan :
- turunin tekstur makan, nasi di lemesin. dihalusin pake sendok sebelum makan nasinya.
- ajak makan bareng, biar dia makan sendiri dan milih makan dengan tangan atau sendok. Berantakan?! Ooh tentu! Cm berantakan kok mom...bisa dibersihin, ga sebanding dg happy nya anak bisa makan bareng spt ayah/ibu nya lakukan, its worth the world! berantakan bisa diberesin nanti, tp pengalaman yg anak dapat, ga akan pernah terhapus.
- banyakin jus buah (pagi bangun tidur)
- buah potong dingin
Krn rasanya segar (no sugar added ya!), jus buah selalu jd pilihan saya buat sarapan, cemilan sore, atau kapapnpun..yg pasti dimakan sebelum makan (saya ikutin pola food combining). Selain segar, vitamin dan mineral buah jg buat ketahanan tubuh anak tentunya, krn saat kondisi ini anak jd rentak sakit.
 
Rasa makanan baru yg bikin ga nyaman!
Damak tampaknya bertipe adventurer untuk makanan, saya kenalkan rawon, sayur bobor, kangkung dll jarang sekali ada penolakan, tp kemarin saya cobain masakan dia pakai cabe :p. Karena paprika sudah lulus dan dia suka, cabe saya cobain. Masukin ke kuah sup, cabe dicuci, buang biji, cuci lagi lalu iris tipis, hasilnyaaa dia kepedesan... Hihihhi jdnya makan nangis minum lalu minta makan lagi...'kapok lombok' tp makan jd ga banyak, ya namanya jg percobaan perdana :)  

Waktu makan yg tidak tepat:
Ini beberapa kali saya alami, timing makan saat Damar ga begitu lapar membuat dia ya tentunya tutup mulut, lha gak lapar tuh! Abis nyamil atau masih asik dg mainannya. Saya ga akan maksa, paling tunggu bentar atau kalau masih ga mau, ya masuk perut ibu :), tetep sambil show off makan depan dia buat "ngiming-ngimingi", seringkali sukses kok. 
Tapi saat ini Damar saya usahakan makan di high chairnya, jd tandanya lebih mudah..kalau dia mau didudukkan di high, itu biasanya dia mau makan..kalau ga mau, berarti mungkin dia belum lapar/belum mau makan.
Last but not least, tetap bahagia jalani peran jadi ibu, mau full di rumah atau working mom...
Siapakan selalu energi memberi
Dibalut dengan ketulusan hati

Selamat jalani hari2 bahagia, tak akan terulang (terulang sih kalau ada anak berikutnya, tp pasti tak akan sama:p)
Selamat menemani anak BELAJAR Makan ^,^
Belajar minum di gelas..eehh...dikira buat cuci tangan :D

Komentar

  1. hiyaah damar kok dikasih cabe
    entar kayak aku loh bunda, makan gak bisa kalo gak ada cabe rawit/syambel :)

    BalasHapus
  2. Terimakasih Ima..mana nih updet blog terbarunya :) sibuk ya kayaknya...kiss kiss buat Mbak Azkia

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rasa dalam tiap asa

Dag Dig Dug Bahagia nya MPASI