Dag Dig Dug Bahagia nya MPASI

Menjelang 6 bulan Damar awal bulan lalu, ibu baru ini sudah tak sabar, semangat mulai pilih2 menu, cari2 buku. Namun persiapan mpasi gak segitu hebohnya, krn di awal2 dipinjemin buku sama Bos Gina :) ttg "Baby Led Weaning", dmn si bayi memegang kontrol penuh atas makanan yg masuk, sang ibu cm harus percaya dan selalu menawarkan makanan sehat ke bayi.
 

Khatam buku BLW, walau jd agak santai, tetep aja bawaan emak2 rempong, berbekal bumboo chair pinjaman mama Anggi (Mama Damar Devara) dan perlengkapan makan kado dr mama Atiek dan tante Indah :) ( terimakasiiih), Damar mulai mpasi dengan riang gembira.

Penampakan si buku (dari Uma Gina):

Yg sudah dirasakan:
Buah: 
Jeruk manis, apel fuji, apel malang, pisang, nanas, pear yang li, pepaya manis matang pohon ( cb beli di tk. Sayur, eh ga suka ternyata)
Sayur: 
in finger size; brokoli, kembang kol, pokcoy, labu siam kecil, wortel, buncis, timun, tomat.
Pati: 
kentang, ubi kuning manis ( puree n chunked), pure jagung ( ga begitu doyan).

Selama ini makannya lahap, bahkan crnderung ga sabaran, kalau ga bisa ambil makanan di tray (kesusahan megang) dia marah sambil menggumam bahasa planet :). 

BLW Damar ini saya kombinasi dg panduan pak WiedHarry untuk mpasi, dikenalkan dg buah2 dulu dan buah digunajan untuk sarapan (pagi hari setelah bangun pagi), sekalian menu sama dg kami..mudah dan simple. Setelah tidur siang, di tawarin yg lain, lanjut mandi.
 

Pola BLW bener2 membantu Damar untuk mengunyah, efek gagging ada waktu dia makan apel malang, krn agak keras jadi dia kesusahan nelen, yah namanya juga belajar... (standby peluk dan cium) Harus extra sabar dan telaten. 2x saya terpaksa masukin tangan ke mulut, pilihan terakhir ini deh... Krn dia kesusahan nelen/ngeluarin buncis dan jeruk. Buncis karena saya kukusnya kurang lama dikit, jd masi keras, kalo jeruk... Ukurannya nanggung :p
 

Sudah 2 minggu mpasi berlalu, pup nggak rutin, 2 hari sekali... Kemarin perdana sukses toilet training, antara kebetulan dan keberuntungan..pas dudukin Damar di toilet, eh dia pup dengan bahagia...lega, pup nya padat, panjang warna kuning hihihi :) no longer a baby poo :p yg encer dan bau susu :) he is a big baby now.

Points learned:
- Telaten dan Sabar....belajar hal baru itu complicated buat bayi. Do understand and trust your baby.
- Kukus2 sayur / buah nya aga lama dikit, tapi ga sampe hancur...kalau kurang lama jadi keras, Damar kurang suka...tapi kalau terlalu lama jadi susah di genggam.
- Menu lebih asik kalau direncanakan min 1 hari sebelumnya. karena Damar berpanduan BLW plus Foodcombining, ya jadi lebih ringkes lagi, menu buah pagi disamain sama Bapak Ibu..hemaaaaattt
- karena biasa finger size food, dibikinin puree jadi kurang gimana gituuu...krn mkn slumpy di mulut. Walaupun puree. saya tetap pertahankan gak suapin/spoon feeding, tetep Damar yg pegang sendok dan masukin ke mulut..bahkan sering tangannya nyemplung, walau masih suka nyasar ke pipi, hidung, leher...his bibs save my world :p
- Nanas memang bikin sekitar mulut terutama dagu agak bruntus2...tp karena dia doyan..ya tetep...kasih lagi :). "Trust your baby cues"
- Dan benar yg tertulis di Buku "Expect the mess"!!! hahhahhaa

Memberi kepercayaan ini gak mudah..dag dig dug saat Damar gagging, takut kurang makan..tapi tetap yakin aja, dibantu TAT jugaaaa hihiihihihii.

Alhamdulillah, maturnuwun Ya Allah :) ini sungguh pencapaian besar saya...ibu ceroboh yg masih bodoh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My parenting daily

Rasa dalam tiap asa