Pengalaman Diare Damar (ada Demam) - Rational Use of Drugs

Mau cerita dikit tentang pengalaman orangtua bodoh macam saya, maklum baru jadi Ibu, pantang merasa pintar..pedomana baca buku dan "katanya", okesip! ^,^

Tgl 10 July setelah sarapan jus melon dan potongan melon (bentuk jari), Damar tampak aktif seperti biasa, sampai setelah ayahnya berangkat ngantor, saya merasa badannya agak 'sumeng', iya..iya..saya pake 'tanganmeter', jadi belum tau itu dianggap demam atau tidak..but I  trust the mother's feeling.

Menjelang siang, Damar mulai pup encer, 2 - 3x , suhu badan saya pegang makin panas dan Damar cuma mau nempel terus, ga mau makan..tapi nen nya mau terus + ngempeng nen juga si kebanyakan, dan dia sudah mulai tidak semangat.

Inisiatif pertama yg saya lakukan adl SKIN TO SKIN contact, saya buka kancing baju (half naked) dan demikian juga Damar, saya tempelkan tubuhnya ke tubuh saya dg posisi AC nyala di suhu 25 dercel, lalu saya peluk dgn posisi IMD sambil dia nen, oh di posisi ini Damar cenderung tenang, jd pas kalau ukur suhu pake termometer, dan suhunya waktu itu 38.3 der cel, Demam kategorinya.

Sampai malam, demam masih di kisaran 38 dan diare masih berlangsung, 6x dalam 24 jam (lebih kayaknya), ilmu milissehat sangat bermanfaat disini, ttg Diare bisa dibaca. Jd intinya saat diare yg diwaspadai bukan hanya Diarenya, tp DEHIDRASI, bisa pengaruh ke yg lain2, jd perbanyak asupan cair, Asi kalau masih Asi, bisa jus buah, sup, es krim dll pokok'e CAIRAN harus banyak masuk, kalau perlu oralit monggo, ga ada oralit jadi, ya bikin sendiri.
Di Buku MPASI sehat alami oleh Wied Harry, campur 100ml air masak + 3sdm garam+2sdm gula jadi deh oralit homamede.

Sampai dini hari, Damar masih diare, suhu tubuh mulai turun, ASI terus sampai Ibune gempor..banyakin minum air putih, dan sering2 cuci tangan baik Damar dan Ibu. Banyak tersangka dalam munculnya diare Damar waktu itu;
1. Baru coba bawal tawar (di tim)
2. Nyoba in menu dg ditambah sedikit Extra Virgin Coconut Oil
3. Makan jeruk keprok garut (perdana)
Tapi sempat konsul bbrp waktu lalu, menurut Dr. Endah di MARKAS SEHAT, jgn berasumsi makanan dulu, mkn mmg kondisi anak lg  drop, jd bakteri2 mudah menyerang :) thanks Doc!

H+1 setelah kejadian demam dan diare, hari ke2 sudah tdk demam lagi, suhu 37 der Cel, pagi2 sudah mulai ceria, pup masih cair dong :) tp pagi2 mau sarapan jus melon bbrp sendok :) makan padat masih males..nen geber terus!!

Pup cair Damar masih berlangsung hingga hari ke 5, tp pup mulai memadat (berangsur-angsur) dan sehari 3x, jd masih dalam batas toleransi, anaknya pun sudah mulai ceria lagi, tapi selama 5 hari itu makan padat berkurang, jus buah dan buah potong masih mau, tapi semua makanan yg Ibu tawarkan berakhir di lantai :D.

Jadi saat anak2 diare semoga Ibu ndak panik ya...cairan cairan cairan dan tetap tenang, tenang adalah koentji! :), sempet saya beri larutan oralit (di hari ke 4) masuk 1 sdt kurang lebih, untuk Demamnya pun demikian...jangan buru2 dikasih obat demam, karena demam cuma gejala, berarti tubuh anak sedang melawan virus...beri waktu untuk tubuhnya menguat ya Ibu. eh kalau iseng2 ada waktu..dan sebaiknya luangkan waktu seperti saya juga (baca2 di saat anak belum sakit) tentang DEMAM di milissehat, insyaAllah bermanfaat..dan lagi lagi TENANG adalah KOENTJI :)

Demam Damar cuma 1 hari, sisanya hanya pup melunak dan makan padat yg susah, nenen dan nenen aja gitu, usia dibawah 1 th memang ASI masih jd yg utama, jd saya ga begitu khawatir, karena sakit ini bersyukur produksi ASI jd meningkat banget karena standby 24 jam :).

Hari ke 6, pas ada acara buka bersama di kantor suami, dan yang bikin WOW adalah Damar makannya jadi rakus banget!!!! mkn mulai recovery..hutang makanan padat kemaren2 terbayar, tapi parahnya saya ga bawa stok makan banyak, cuma labu parang 2 senyum (2 iris besar) dan habis aja dong!! akhirnya makanan berbuka jadi santapan Damar (nasi, bolu kukus, kripik opak, selada), wis pokoknya yg saya pikir aman, silahkan lah dimakan.

Demikian cerita tawur Ibu bodoh, tapi sukses merawat anak dengan rasional dan ga terburu - buru make obat, home remedy is the best treatment..awasi tanda kegawat daruratan dan tetap tenang, kondisi Ibu tenang bisa nyampe ke bayi tentunya, dia pun ikut tenang.

Love you Damar.

nb:
Si Ayah yg agak bingung dan kasihan lihat Damar..tapi syukurlah Ayah percaya kalau Ibu bodoh ini melakukan hal2 yg memang terbaik untuk anaknya :)

Hari ke 6, pup memadat daaaan taraa..Damar bisa merayap maju (17 July 13), sebelumnya cuma mundur2..perdana maju di rumah Aunty Nunuk / Pakde Ani...hihihi..Good job baby!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My parenting daily

Rasa dalam tiap asa

Dag Dig Dug Bahagia nya MPASI