Serangan common cold

Sudah lama gak posting, sekalinya posting..lagi2 pengalaman anak sakit. Yes..biar saya ingat untuk tetap belajar..belajar sabar.
pengalaman menemani anak sakit selalu menjadi moment belajar buat saya sbg Ibu..dan moment menyedihkan tentu..krn melihat tubuh mungilnya berusaha melawan sakit dan muncullah rewel yg menguras emosi dan tenaga baik si kecil maupun ibu bapaknya :)

Pengalaman kali ini adalah common cold, saya bisa bilang common cold karena mmg didahului demam kemudian hidung meler, bersin2...untuk lebih detil lagi ttg penegakan diagnosis nya saya cek symptom checker nya mayoclinic. Sangat membantu dan mudah banget..setidaknya kalau mmg ada gejala lebih berat, kita sbg ibu dan bagi saya ibulah dokter terbaik anak..harus bawa ilmu dulu untuk share dg pak/ibu dokter yg lebih memahami penyakit lebih jauh beserta pengobatannya, biar ga over treatment juga sik.

Here we go,
Jumat 13 Sept 2013
Badan Damar mulai terasa demam, tapi dia masih ceria dan aktif...cm nafsu makan sdh mulai berkurang ni..agak lahap pas sarapan buah. Sore2 saya cek suhu, mencapao 38.2 derajat celcius. Malam hari dia mulai rewel..resah tidur, nangis, usrek2 hidung dan mata berair. Malam ini sungguh pengalam tidak nyaman saya sbg Ibu, bingung..lha begini nangis begitu nangis :( tapi pembelajaran yg saya dapat :
1. Saat anak rewel, tarik napas panjang...tenang, dan berusaha nyamankan anak..entah gendong atau main..yak Damar ngajak main jam 1 pagi -__-
2. Hidung buntu pada bayi mmg menyebalkan, mereka blm tau cara buang ingus..dipegang area hidungnya pun Damar udah berontak..di kondisi ini, posisi tidurnya kepala harus lebih tinggi..my bad, karena Damar ga biasa pake bantal, saya ga ngeh ini sebelum Ibu mertua ingetin...how i love you so Mom! thank you! mkn jumat malam ini yg bikin Damar rewel banget..krn posisi tidur tanpa bantal jd malam mampet.
3. Ga terburu-buru ke dokter / kasih obat penurun panas kalau mmg tidak ada tanda kegawat daruratan. Catat kondisi klinis anak, cek suhu agar kalau memang harus ke dokter, kita ada record klinis.
4. Malamnya karena sptnya Damar sudah sgt tidak nyaman dan rewel banget mkn krn hidung mampet plus nyeri kepala/pusing, saya beri paracetamol merk SANM*L drop 0.6ml , bisa nyaman dan jd ngajak maen tengah malam -__-

Jumat malam, kami ber 3 tidur minim banget...what a tiring nite..tp pembelajaran baru, sbg ibu *sungkem ke para Ibu*

Sabtu 14 Sept 2013
Pagi ini mulai jelas memang hidung Damar mampet, napas grok2, apalagi kalau pas nen...dia pun jd susah pas menghisap ASI, makan pun susah..ya spt kita aja, kalo idung buntu makanan gak berasa apa2, kehilangan selera makan. Tp Damar tetap aktif dan ceria..pagi2 setelah mandi , lanjut saya jemur. Hari ini suhu badan sudah mulai turun di 37.8 derajat celcius. Makan juga masih susah, tetep saya tawarin makan buah pagi, minum juga agak susah. Jadi sering2 saya tawarin ASI biar dia suka copot2 karena susah napas, pokok cairan cairan cairan.
Nah malamnya mulai nih siap2 lagi menghadapi rewelnya, tp kali ini sudah lebih siap, tidur posisi lebih tinggi setidaknya bisa membantu Damar istirahat, walau ttp tdk bisa nyenyak. Bobita wrap stanby melilit di tubuh, kalau2 dia ngantuk tp susah tidur krn si hidung buntu nan menganggu, Ibu standby dg gendongan yahud anti pegel :).
Sabtu malam ini lumayan bisa istirahat, tp terbangun hampir tiap 1 jam, ya at least bisa istirahat dan malam ini sanm*l drop nya diminumkan lagi 0.6ml, bukan untuk nurunin demam, tp menyamankan bayi..krn bisa ngurangi nyeri2 juga..awal2 flu kan emang gak nyaman banget ya..kepala berat, pening dsb.

Minggu 15 Sept 2013
Pagi2 sudah ceria dan aktif lagi..sarapan semangka habis banyak, abis mandi pagi berjemur lama dan alhamdulillah tidak ada demam. Napas masih grok grok, dan krn hidung buntu, Damar banyak napas lewat mulut..ngiler tak berkesudahan..mkn krn mau numbuh gigi atau kayak panas dalam gitu ya, again..cairan2 saya tawarkan sesering mungkin, walau cuma ida sembur2.
Malamnya, lumayan kami ber3 (Damar, Ibu dan Ayah) bisa istirahat, lebih baik dari malam2 sebelumnya.
inhalasi di rumah denga air panas+m.kayuputih di taruh di ember dan diletakkan di kamar buat melembabkan udara kamar jd pilihan saat malam.

Senin 16 Sept 2013
Terimakasih Ayah yg sudah rela kerja dari rumah hari ini, standby buat Damar dan Ibu, alih2 kalau perlu ke RS, tp hari ini sudah membaik..demam tidak ada, cm hidung buntu masih bertahan..hometreatment tetap dijalankan..airpanas+m.kayu putih /viks ditaruh di ember, pangku Damar di deket uapnya...tp dia ga begitu nyaman krn uapnya perih dimata kali ya :), tp senin malam Damar sudah bisa istirahat lebih nyenyak. Alhamdulillah. Badai perlahan berlalu :)

Selasa 17 Sept 2013
Pagi ini ingusnya sudah mulai keluar, setelah sarapan dan mandi pagi, kembali berjemur sambil dipijit ringan di punggung dan dada. Damar sudah mulai nyaman, bobo siang lama..walau napas masih saja grok-grok, tp dia sudah jauh lebih nyaman beristirahat / tidur, malam ini nyenyak juga tidurnya, Ibu jd bisa posting blog sejenak.

Alhamdulillah, terimakasih Tuhan untuk setiap pembelajaran dan kesabaran yg Engkau perkenankan buat saya..Ibu baru yg akan berusaha terus belajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My parenting daily

Rasa dalam tiap asa

Dag Dig Dug Bahagia nya MPASI