Damar's 1st Birthday

Selasa 5 Nov, Damar genap berusia 1 th...Alhamdulillah...teriring doa dan ucapan selamat dari keluarga tercinta dan teman2 ...cuma bisa berucap amin ya rabbal alamin :) (semoga ga typo).

1 tahun penuh keceriaan dan ketegangan jadi satu, tumplek blek setahun ini...cerianya kami melihat kebahagiaan Damar dan ketegangan kami dalam proses belajar menjadi orang tua. Selalu bersyukur...dalam setiap syukur.

Damar sudah mulai explore banyak hal, saya sebagai ibu yg mulai kebat kebit untuk belajar mengatasi perubahan dan ke-ingin-tahu-an Damar yang semakin hari semakin besar. Tak sering saya bingung harus bagaimana..seperti misalnya:

Problem GTM / Susah Makan
Mungkin bukan hal asing buat semua ibu, saat ini fase Damar tumbuh gigi, atau fase entahlah..kalau lagi makan banyak, dia makan semua, tapi kalau ga mau...bisa dia ga makan apapun. Mulai dari coba saya suapin sampai dia makan sendiri seperti biasa (BLW), hasilnya nihil. Bingung? tentu lah...tapi berangsur saya rileks saja..tenang saja, memberi saja, dan percaya saja. Sering suksesnya di kasih buah, semangka misalnya. ya.saya percaya saja, mkn tubuhnya lagi 'perlu' semangka :) percaya saja. Tapi perlu kompak sama si Ayah nih...doi suka kuatir anaknya kurang gizi dan kelaparan..don't worry dad! mommy's breast always standby 24 hour...atau 25 jam, karena buka 1 jam lebih awal :))

Diare dan Demam
selama setahun ini, Damar 3x mengalami diare yg bagi saya cukup parah..pernah sampai 7x sehari, kasihan dia malam2 sakit perut dan pup..tidur ga nyaman dan berat badan turun signifikan.Saya berusaha terapkan RUM di rumah dan selalu waspada tanda2 kegawatdaruratan, dan syukurlah kalau diare, nenen terus mau, minum jus / buah segar pun tak ada masalah. so no need to worry. Tapi si diare ini memang bikin dag dig dug...apalagi sekarang Damar suka makan segala rupa, pun area explorasi dia sudah saya perluas ke garasi depan..jd mkn ada sesuatu yg dia jilat, pegang dan emut sembarangan...semoga kenalan sama kuman2 dan bikin makin kebal, sehat! :D tapi tetap...banyak tawarin minum air putih dan cuci tangan sebelum dan sesudah makan.
Kalau untuk Demam, tetap berusaha RUM tentu..ga terburu-buru kasih penurun panas, paling banyakin minum, berendam air hangat dan skin to skin contact dipersering, thanks to bobita baby wrap yang membantu selama Damar rewel , jd standby digendongan. Jadi Ibu siap tempur..tidak tidur saat anak rewel. Jadi saya sangat berusaha untuk tetap sehat..dengan makan benar, sayur, buah, air putih, air kangen sesekali dan ber FOOD COMBINING sangat membantu, at least banyak buah dan sayur segar dikonsumsi secara benar.

Masih banyak hal yg saya harus belajar, kadang masih main HP saat nenenin Damar atau saat temenin dia main :( yes..feeling guilty kalau pas sadar...maafkan Ibu ya Damar, i blame myself for this! dan tadi terngiang di telinga "ketinggalan info twitter/fb/media sosial lain tak akan merubah apapun Dela, tapi hadir mu buat Damar tak akan terulang waktu" entah suara dari mana...tapi jleb banget. Duh harus belajar 'hadir' sepenuh hati...total!

Masih banyak pe-er untuk jadi orangtua yang bisa dewasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My parenting daily

Rasa dalam tiap asa

Dag Dig Dug Bahagia nya MPASI